Latar Belakang Sejarah Antropologi
• Ilmu Antropologi termasuk ilmu-ilmu social yang lain
mempunyai sejarah tersendiri.
• Antropologi disebut ilmu yang baru atau muda karena
perkembangan antropologi relatif baru,
Disebut ilmu tua
• sedangkan antopologi disebut ilmu yang tua karena
sejarahnya terutama bagian antropologi yang disebut dengan Etnografi telah
dikerjakan orang dari berbagai bangsa di dunia sudah lebih dari 500 tahun yang
lalu.
Kedua alasan
• Walaupun Antropologi dikatakan ilmu yang relatif muda.
• Krena sebagai ilmu pengetahuan baru berkembanga abad ke
XX.
• Namun Antropologi telah ada sejak lama (terutama obyeknya,
yaitu manusia), dengan menitik beratkan studinya pada kelompokkelompok manusia
dan tergolong dalam ilmu sosial, maka sesungguhnya antropologi telah ada sejak
manusia itu ada. Herodatus disebut sebagai bapak etnografi.
• Karena menulis bangsa Mesir, yang dianggap tulisan
etnografi yang terkuno. Tulisannya masih bersifat subyektif dan mengandung
perasangka yang kurang baik terhadap bangsa lain. Selanjutnya dia berkata:
• Bangsa di luar Yunani adalah bangsa “barbar” yang berarti
orang yang berbicara “gagap” dan dikatakan sebagai bangsa yang setengah liar.
Herodatus selanjutnya mengatakan bahwa orang Mesir, orang Libia dan Persia
dianggap belum beradab. Etnografi oleh Dinasti Han
• Penulisan etnografi juga dilakukan oleh bangsa Tionghoa
dan bangsa India.
• Walaupun tidak secara metodik dan sistemmatis kedua bangsa
tersebut telah menulis tentang keadaan mereka sendiri ataupun menulis tentang
bangsa di luar mereka.
Di Cina
• Ada cacatan etnografi bangsa Tiongkok yang ditulis pada
jaman Dinasti Han mengenai bangsa Han Nu yang bergerak (nomaden) di Tiongkok
Sebelah BaratIbnu Batutah yang dilahirkan di Tanger
• Ia lahir 1304 dan meninggal tahun 1377 berkebangsaan Arab
melakukan pengembaraan di daerah Asia tengah.
• Ia menulis tentang bangsa-bangsa Konstantinopel yang di
duduki bangsa Turki, sehingga bangsa-bangsa Eropa tidak bisa berdagang lagi
dengan Dunia Timur melalui jalan tradisional, yaitu melalui Euphrat, Trigis dan
Teluk Persia. Berikutnya:
• Kemudian orang-orang Eropa mencari jalan baru baik melalui
kutup utara ataupun melalui Afrika Selatan dengan maksud sampai di Asia Tengah.
• Rombongan- rombongan itu biasanya diikuti oleh
paderi-paderi dan dari mereka bahan-bahan etnografi dari berbagai bangsa dan
suku bangsa dapat diperoleh. Marcopolo bukunya “ kitab tentang kerajaan &
keajaiban di dunia Timur
• “ menguraikan pengalamannya selama 20 tahun mengembara di
Asia. Ia juga pernah tinggal cukup lama di istana Khu Bilai Khan dan menemukan
keanehankeanehan misalnya dipergunakan uang yang dibuat dari kertas dan diberi
cap serta tanda tangan. Penjelasan lain:
• Kertas-kertas tersebut mempunyai bermacam- macam nilai.
Menurutnya di negeri tersebut telah lebih maju bila dibandingkan dengan Eropa
saat itu, karena di sana telah ada pengiriman surat yang lebih teratur dan ada
jalan besar, tempat peristirahatan, dan ada tempat untuk menukar uang dan kuda.
Marcopolo juga pernah singgah di Indonesisa
• Di pelabuhan Perlec dalam bahasa Aceh. Ia menceritakan
kota Aceh saat itu dikunjungi pedagang dari India dan penduduknya memeluk agama
Islam, sedang penduduk di pedalaman banyak mengerjakan hal-hal yang haram. Pulang
ke Eropa
• Sekembalinya mengembara ia dan keluarganya tiba di Genoa.
Nasib malang baginya karena ia dimasukkan penjara ketika Genoa perang melawan
Venesia. Di penjara itu ia menceritakan pengalamannya dan menulisannya yang diterbitkan
tahun 1447, isinya sangat menakjubkan dan menunjuk kepada keajaiban objek dunia
Timur. Pada zaman pertengahan
• Pada zaman ini tulisan etnografi yang bersifat subyektif
& penilaian terhadap sesuatu dipengaruhi oleh pikiran dan kepercayaan pada
masa itu. Jiwa abad pertengahan adalah kitab Injil atau lector devina, kepada
siapa seleruh pengetahuan mengabdi ? Gereja abad pertengahan
• Gereja sangat berpengaruh untuk mengatur masyarakat dengan
ajaran dogma-dogmanya, dengan mengemukakan bahwa aturan-aturan sosial tidak
dapat salah.
Thomas Aquinas
• Pada zaman pertengahan mengemukakan teori-teori yang
bersifat spekulatif, karena keterangan-keterangan tersebut berbeda dengan apa
yang ada di ajaran-ajaran kitab suci, maka mulai saat itu justru penulisan
etnografi dapa tumbuh dan berkembang dengan baik.
Yosep Prancis Lafitau (1600-1740).
• Etnografi berkembang bersama dia, ia seorang paderi dari
bangsa Perancis tulisannya berjudul “Moeurs des souvages Americains compares
auxmours des pramiers temps” 1724.
Yosep
• Ia melihat bangsa-bangsa primitif dan tidak dilihatnya
sebagai bangsa yang aneh. Karena ia sebagai anggota misionaris agama dan ia
berusaha untuk menasranikan bangsa Indian.
Jens Kref
• Etnografi semakin berkembang berkat tulisan dia dengan
judul “sejarah pendek tentang lembaga-lembaga yang terpenting, adat dan
pandangan pandangan orang liar’ 1760.
• Kref sependapat dengan Rousseau tentang manusia alam yang
murni.
Tulisan Kref
• Ia menulis sejarah umat manusia dengan memperhatikan
bangsa-bangsa kuno, ia meneliti bangsa Indian mengenai pertumbuhan,
perkembangan, kehidupan ekonomi, masyarakat, agama dan kesenianAdolf Bastian
• Tulisannya lebih ilmiah dan lebih sistimatis dan senang
etnologi. Pandangannya mengenai umat manusia adalah manusia dan kebudayaannya
dipengaruhi oleh milliue geografis yang menyebabkan sifat-sifat khusus dari
kebudayaan yang beranekaragam. Tiap-tiap kebudayaan akan berkembang dan tumbuh
sesuai dengan dasarnya dan lingkungannya. Perkembangan Antropologi
• Antropologi berkembang pesat setelah diketemukan dan
diketahui adanya hubungan antara bahasa Sansekerta, Latin, Yunani dan Germania.
Kerena penyelidikannya bersifat historis komparatif dalam kebudayaan yang terus
berkembang.
• Kemudian berdiri museum etnologi dan etnografi diseluruh
dunia selama abad ke 19 dan awal abad 20.
Di Indonesia
• Perkembangan antropologi di mulai dengan penelitian
adat-istiadat, system kepercayaan, struktur sosial dan kesenian dari suku-suku
yang tersebar di seluruh wilayah nusantara sejak zaman penjajahan Belanda.
Tulisan-tulisan tersebut digunakan sebagai landasan kebijaksanaan pemerintah
kolonial.
Oleh PT
• Penyelidikan dan penulisan dalam rangka pengembangan
etnologi dan antropologi sosial oleh perguruan tinggi dimulai setelah
penyelidikan bahasa dan budaya. Lembaga tersebut bernama “Taal en cultural
onderzoek” di Universitas Indonesia Jakarta. Fase pertama
• Pada awal tahun 1800-an negara-negara Eropa Barat
melakukkan kolonialisasi atas negara–negara Afrika, Asia dan Amerika.
• Menurut pandangan orang Eropa bangsabangsa yang dijajah
masih primitif, buas dan sering dikatakan bangsa-bangsa yang masih asli, yang
belum mengalami perubahan dan kemajuan. Fase kedua
• Pada fase ini pertengahan abad 19 banyak ditemukan tulisan
mengenai aneaka warna kebudayaan dan tingkat evolusinya.
• Deskripsi mengenai suku bangsa di luar Eropa merupakan
kebudayaan yang masih tradisional dan merupakan sisa kebudayaan kuno.
Fase ketiga
• Pada awal abad ke 20 ilmu Antropologi mengalami kemajuan,
ilmu Antropologi dipergunakan oleh bangsa Eropa untuk mempelajari adat-istiadat
dan keabiasaan bangsa yang terjajah.
• Dengan meangetahui data tentang kebiasaan itu dapat
dipergunaklan untuk mempertahankan kolonialismenya di negara yang dijajah
tersebut
Fase keempat
• Sesudah tahun 1930-an ilmu Antropologi mengalami
perkembangan luar biasa, dipengaruhi oleh metode ilmiah dalam melakukan
penelitian.
• Masyarakat terjajah mengalami perkembangan, maka
Antropologi seakan mengalami kehilangan objek penerlitian. Antropologi
mengembangkan metode ilmiah terutama PT di Eropa dan Amerika, dan seluruh dunia.
Pengertian Antropologi
• Menurut etnologinya kata antropologi berasal dari kata
yunani “Antropo” yang berarti manusia dan “logy” atau “logos” berarti ilmu yang
mempelajari tentang manusia
• Menurut Ralfh L Beals dan Harry Hoijen : 1954: 2
antropologi adalah ilmu yang mempelajarai manusia dan semua apa yang
dikerjakannya.
Menurut Ralfh L Beals dan Harry
Hoijen : 1954: 2
• antropologi adalah ilmu yang manusia dan semua apa yang
dikerjakannya
Allan H Smith & John L Fischer
• Banyak ilmu sosial mempelajari manusia, ilmu antropologi
berusaha untuk melihatmanusia dengan segala
komplekstasnya, atau manusia dengan segala aspeknya.
• Aspek-aspek itu menyangkut asal mula, perkembangan, sifat,
dan ciri-ciri manusia serta kebudayaaannya
Perhatian Antropologi
• Bekas-bekas kebudayaan manusia zaman purba yang dijadikan
dasar untuk mempelajari manusia jaman sekarang ini.
• seabad yang lalu Antropologi hanya tertarik mempelajari kelompok-kelompok
kecil masyarakat, suku-suku, kebudayaan, kampungkampungsera minoritas, namun
sekarang Antropologi telah lebih maju dengan mempelajarai manusia dari berbagai
segi atau sudut. Banyaknya kekhususan/cabang
Antropologi tertentu.
Seabad lalu
• Antropologi hanya tertarik mempelajari kelompok-kelompok
kecil masyarakat,suku, kebudayaan, kampung-kampung serta minoritas, namun
sekarang
• Antropologi telah lebih maju dengan mempelajarai manusia
dari berbagai segi atau sudut. Baik yang telah maju maupun primitive
Pembagian Antropologi
1. Antropologi Fisik
2. Antropologi Budaya
Antropolgi fisik
• Tulian Darwin ”The origin of spicies” Antropologi fisik
berkembang pesat dengan melakukan penelitian-penelitian terhadap asal mula dan
perkembangan manusia. Manusia asalnya monyet, karena makhluk hidup mengalami evolusi.Antropologi
ingin membuktikan dengan melakukan berbagai penelitian terhadap kera dan monyet
di seluruh dunia.
Penelitian ingin mengetahui
• Apakah monyet itu poligami atau monogami?
• Berkelompok atau sendiri?
• Apakah dapat berkomunikasi ?
• Bagaimana mereka memecahkan masalnya?
• Pertanyaan-pertanyaan tersebut digunakan sebagai dasar
melakukan penelitian untuk membuktikan apakah asal-usul manusia
• Walaupun sampai belum ada jawaban, namun usaha mempelajari
asal mula manusia tidak pernah dihentikan.
Antropologi Budaya
• Menurut orang awam membicarakan Antropologi hanyalah
berfikir tentang fosilfosil. Memang pemikiran yang demikian tidak selamanya
salah karena mempelajari fosil merupakan suatu cabang penelitian Antropologi.
Arkheologi pada dasarnya berbeda dengan Antropologi, di mana sesungguhnya arkheologi
merupakan salah satu cabang Antropologi.
Bedanya dengan Antropologi Fisik
• Antropologi fisik mempelajari manusia dari segi biologi
misalnya, bentuk tubuh, warna rambut, warna kulit, dan lainnya, maka
• Antropologi budaya melihat atau mempelajari manusia yang
berkaitan dengan materi-materi kebudayaan seperti misalnya, alat-alat hidup, perumahan,
kesenian-kesenian, norma, perilaku dan lain sebagainya yang ada dalam masyarakat.
Antropologi Budaya Mencakup:
1. Etnografi
• Ilmu ini mempelajari mengenai berbagai kebudayaan pada
suatu masyarakat secara mendetail pada suatu kenyataan berupa aktivitas nyata
masyarakat.
• Kenyataan diperoleh dari berbagai observasi yang biasanya
dilakukan oleh Antropologi budaya.
• Sebenarnya beberapa tahun yang lalu para ahli tersebut
hanya berpegang pada teori untuk memprideksi aktivitas dalam masyarakat,
sekarang telah meninggalkan teori-teori itu dan langsung pergi ke lapangan,
hidup dengan orang-orang primitif, makan, tinggal, dan ingin mengetahui
nilainilai serta motivasi mereka.:
2. Etnologi
• Para ahli Antropologi menggunakan datadata etnografi dan
teori-teori kemudian membandingkannya dengan berbagai kebudayaan untuk
mempelajari tingkah laku manusia.
3 Antropologi Linguistik
• Ilmu ini mempelajari bahasa baik lisan maupun tulisan dari
bangsa-bangsa diseluruh dunia. Antropologi linguistik juga mempelajari sejarah
perkembangan bahasa dan hubungannya antara bahasabahasa itu dengan nilai budaya
yang ada.
4 Foklore Ilmu ini mempelajari kreativitas manusia, musik,
drama, cerita rakyat, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan kesenian.
5 Antropologi sosial
• Antropologi ini tertarik untuk mempelajari struktur dan
fungsi kelompok dengan melihat
fenomena-fenomena seperti materi kebudayaan, bahasa, karya
seni, dan agama, yang lebih menekankan institusi daripada melihat manusia sebagai
pribadi.
• Antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari umat
manusia sebagai mahkluk masyarakat , terutama sifat-sifat khusus badani dan
cara-cara produksi, tradisi-tradisi dan nilainilai yang membuat pergaulan hidup
berbeda dari yang satu dengan lainnya ( Prof Harsojo)
Dua tujuan Antropologi
• Paling tidak ada dua tujuan dalam mempelajari Ilmu
Antropologi:
Tujuan akademis
• Antropologi ingin mencapai pengertian tentang mahkluk
manusia pada umumnya dengan mempelajajari anekawarna bentuk fisiknya,
masyarakat serta kebudayannya.
Tujuan praktis
• Antropologi ingin mempelajari manusia dalam aneakawarna
masyarakat suku bangsa guna membangun
Ruang Lingkup Ilmu Antropologi
• Ilmu antopologi merupakan ilmu yang mempelajari manusia
dalam arti yang sangat luas, karena ilmu tersebut tidak hanya mempelajari
secara biologi, namun mempelajari manusia dalam berbagai aspek.
• Setelah pearang dunia ke II perkembangan ilmu antopologi
sangat pesat, sehingga membentuk pengkhususan-pengkususan sesuai masalahmasalah
praktis yang ada dalam masyarakat.
Cabang-cabang ilmu antopologi sebagai berikut:
1 Antopologi ekonomi
• Ilmu ini mempelajari dan memahami masyarakat dengan
melakukan penelitian terhadap masalah-masalah yang berhubungan dengan; modal,
tenaga kerja, sistim produksi, pemasaran hasil, dan kegiatan lainnya pada
masyarakat daerah tertentu. Yang kesemuanya itu mendorong perkembangan dan
terbentuknya sub- ilmu antopologi ekonomi.
2 Antropologi Pembangunan
• Ilmu ini mempelajari dan memahami masyarakat dengan
melakukan penelitian terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan pembangunan.
• Antropologi pembangunan mengkhususkan diri pada penggunaan
metode-metode, konsepkonsep
serta teori-teori antopologi.
• Hasil penelitian tsb dapat dipergunakan oleh pihak yang
berwenang untuk membuat kebijaksanaan pembangunan di suatu daerah tertentu
3 Antropologi Kesehatan
• Ilmu ini mempelajari dan memahami masyarakat dengan
melakukan penelitian mengenai masalah kesehatan masyarakat.
• Penelitiannya untuk mengetahui konsepsi dan sikap penduduk
tentang kesehatan, tentang sakit, dukun, obat-obatan tradisional, kebiasan dan
pantangan untuk memakan sesuatu.
• Hasil penelitian yang demikian untuk membantu para dokter
atau para ahli gizi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
4. Antropologi Politik
• Ilmu ini mempelajari dan memahami kejadiandan gejala
politik, persaingan, kerjasama, di antara partai-partai politik yang ada.
• Antropologi politik juga mempelajari atau memperhatikan
latar belakang kebudayaan, sistim nilai dan norma dari manusia-manusia yang
menjalankan politik atau pelaku politik itu.
Metode Ilmiah Antropologi
• Yang dimaksud dengan metode ilmiah suatu ilmu pengetahuan
adalah segala jalan atau cara dalam rangka ilmu tersebut sampai kepada ilmu
pengetahuan itu sendiri.
• Jalan atau cara untuk mencapai kepada suatu ilmu
pengetahuan adalah : Pengumpulan fakta
• pada umumnya ada 3 metode pengumpulan fakta
yaitu : penelitian lapangan (field work ), penelitian di
laboratorium, penelitian di perpustakaan.
• Pada penelitian yang di lakukan di laboratorium dan perpustakaan
peneliti berada di luar obyek yang ditelitinya,
• Sedangkan penelitian di lapangan peneliti masuk dalam
obyek dan oleh sebab itu, peneliti harus dapat melihat hubungan antara dirinya
dengan obyek yang ditelitinya.
• Peneliti antropologi harus dapat atau mampu mengkombinasikan
antara gejala yang diberikan informan dan tindakan atau kelakuan dari manusiadalam
hubungannya dengan kelompok.
Penentuan ciri-ciri umum
• Berkaitan dengan tingkat dalam cara berfikir ilmiah yang bertujuan
untuk menentukan ciri-ciri umum dan system dalam himpunan fakta yang
dikumpulkan melalui penelitian,
• induktif misalnya dimulai dari fakta-fakta khusus dan kongkrit
menuju kepada konsep yang bersifat umum dan abstrak.
• Antropologi memperhatikan tingkah laku manusia dalam masyarakat,
dan tidak akan merumuskan kaidah-kaidah tentang hubungan antara fakta degan
kekuatan yang mendorong kehidupan masyarakat dana kebudayaan antropologi hanya
sampai pada suatu pengertian tentang kehidupan masyarakat dan kebudayaan itu.
SEJARAH TEORI ANTROPOLOGI
• A.J.F Kobben guru besar Antropologi universitas Amstrdam,
membedakan antara dua golongan ahli Antropologi yaitu Comparativest dan non Comparativest.
• Kobben menyatakan kedua golongan ahli Antropologi itu
penting demi kemajuan Antropologi,keduanya saling menunjang.
• Antropologi bertujuan mencapai pengertian mengenai tingkah
laku mahluk manusia pada umumnya melalui beragam kebudayaan suku bangsa
diseluruh dunia.
Menurut Antropolog India, Gopala
Sarana (1975
• Ilmu Antropologi sedikitnya ada empat macam penelitian
komparatif :
• Penelitian untuk menyusun sejarah kebudayaan manusia
secara inferensial.
• Penelitian untuk menggambarkan suatu proses
perubahan kebudayaan.
• Penelitian untuk taxonomi kebudayaan.
• Penelitian untuk menguji korelasi antar unsur, pranata,
gejala kebudayaan guna membuat
Generalisasi G.P.Murdock, guru besar Yale University
• G.P.Murdock, telah mengklasifikasikan 250 kebudayaan di
dunia ke dalam pola istilah kekerabatan yang mengacu pada saudara sepupu,
sementara membedakan
adanya enam tipe yaitu:
1. Tipe Hawai
• Tipe hawai (tipe generation), yang semua istilah saudara
sepupu sama dengan istilah yang mengacu semua saudara sekandung.
2 tipe Eskimo
• Tipe Eskimo ( Tipe lineal ), dimana istilah yang mengacu
semua saudara sepupu berbeda dengan istilah yang mengacu semua saudara
sekandung.
3 tipe Iroquois
• Tipe Iroquois (bifurcate merging), dimana istilah yang
mengacu semua saudara sepupu sejajar sama.
4 tipe Sudan
• Tipe Sudan (bifurcate – Collateral), dimana istilah ang
mengacu ke semua stilah untuk saudara sekandung.
5 tipe Omoha
• Tipe Omoha, dimana istilah yang mengacu semua saudara
sepupu sejajar sama dengan istilah yuang mengacu semuas saudara sekandung.
6 tipe Crow
• Tipe Crow, dimana dimana istilah yang mengacu semua
saudara sepupu sejajar sama dengan istilah yang mengacu semua saudara sekandung
7 tingkat masyarakat
• berdasarkan mata pencaharian yaitu :
• masyarakat becocok tanam I
• masyarakat bercocok tanam II
• masyarakat bercocok tanam III
• masyarakat berternak I, II,
• masyarakat berternak III, IV,
Konsep Antropologi ttg
Psikologi
• Ada usaha memandang suatu kebudayaan sebagtai satu
kesatuan holistik, memfokus “watak khas” atau etos,yang terpancar dari kebudayaannya.
• Teori Psikologi yang dikembangkan berdasarkan data
kebudayaan Eropa Barat dan Amerika bersifat universal dan dapat ditrapkan pada
individu yang hidup dalam lingkungan itu.
Etos
• Istilah Ethos atau etos adalah watak khas yang dipancarkan
oleh suatu kebudayaan. Antropolog yang mengembangkan metode untuk mendiskripsi
etos kebudayaan adalah:
• Ruth Benedict, seorang ahli Antropologi wanita bekas murid
Franz Baus. Ia menguraikan konsepsinya yang terkenal yaitu : “ Pattrerns of
Culture “.
. KONSEPSI-KONSEPSI
MENGENAI KEBUDAYAAN
• Penelitian yang menyangkut proses sosial yang terjadi bila
manusia dalam suatu masyarakat dengan kebudayaan tertentu dipengaruhi oleh unsur
kebudayaan asing yang sedemikian sifatnya.
• Sehingga unsur kebudayaan asing tadi lambat laun
diakomodasikan dan diintegrasikan ke dalam kebudayaan itu tanpa kehilangan kepribadian
sendiri.
• Disebut penelitian mengenai gejala AKULTURASI
(acculturation).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar